Minggu, 02 Mei 2010

POSTER

Poster merupakan gambar besar yang berisikan saran dan pesan. Gambar poster harus jelas, menarik dan mudah dipahami dalam waktu singkat. Orang-orang tidak mungkin akan berlama-lama untuk mengamati sebuah poster apalagi dalam perjalanan menuju tempat kerja/kantor, terlebih lagi poster tersebut dipasang di seberang jalan yang situasinya sangat ramai. Poster tidak boleh ramai dan detail, sehingga pesan yang terkandung di dalamnya tenggelam larut dalam detail yang banyak itu. Gambar poster tidak hanya harus besar, jelas dan menarik, akan tetapi harus juga sesuai dengan subyek yang divisualisasikan. Keserasian illustrasi dengan subyek adalah syrat utama dan mutlak dalam perancangan poster yang baik.

Keberhasilan sebuah poster tergantung pula dari kalimat yang digunakan. Dalam poster tidak boleh menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Gunakan kalimat yang singkat tapi padat dengan pesan yang tepat. Kata-kata harus segera dapat dimengerti oleh pemandang. Bentuk huruf harus tepat, sederhana dan cukup besar untuk dapat dibaca dari jauh tanpa harus mendekat. Bentuk huruf yang aneh-aneh akan membingungkan sehingga orang-orang akan malas untuk membacanya. Penggunaan warna harus sesuai dengan tema posternnya dan usahakan dapat menarik perhatian. Hindari penggunaan warna yang berlebihan agar tidak menimbulkan kesan semraut. Gambar poster dapat menampilkan berbagai tema, seperti tentang kesehatan, kelestarian alam, pendidikan, kependudukan, perjuangan, dan sebagainya. Ciri – ciri poster yang baik adalah :

  1. Dapat menyampaikan pesan.
  2. Bentuk / gambar menarik dan menggambarkan kejadian.
  3. Menggunakan warna-warna mencolok dan menarik perhatian.
  4. Proporsi gambar dan huruf memungkinkan untuk dapat dilihat / dibaca.
  5. Menggunakan kalimat-kalimat pendek.
  6. Menggunakan huruf yang baik sehingga mudah dibaca.
  7. Realistis sesuai dengan permasalahan.
  8. Tidak membosankan.

Poster merupakan salah satu bagian dunia periklanan yang masih dianggap cukup efektif, mengingat poster masih seringkali dijadikan banyak orang sebagai media untuk berkomunikasi dan berkarya, namun sayangnya banyak orang menganggap bahwa membuat poster adalah pekerjaan yang rumit dan tidak mudah, baik secara teknis maupun secara konseptualitas artistiknya. Beberapa ketentuan agar poster yang dirancang tersebut dapat menjadi media yang efektif untuk berkomunikasi antara lain sebagai berikut:

1. Visibility Level

Sebuah poster haruslah gampang terlihat oleh audiencenya karena apabila tidak terlihat maka poster tersebut justru akan membuat pandangan audience menjadi kacau atau terkesan kotor. Visibility Level disini terkait dengan penentuan lokasi pemasangan poster. Poster yang ditempelkan di tempat yang sepi dan tidak pernah dilewati oleh banyak orang maka informasi yang terkandung di dalamnya juga tidak akan terbaca. Namun sebaliknya poster yang terpasang di tempat yang banyak dilewati orang namun di tempat tersebut sudah tertempel terlalu banyak poster lain maka visibility level dari poster tersebut juga akan rendah. Tingkat visibility level yang tinggi dari sebuah poster adalah posisi yang tersendiri namun dilalui banyak audience yang berjalan dengan kecepatan yang lambat.

2. Eye Catching

Poster yang menarik juga haruslah mampu menarik perhatian banyak audiences. Hal ini berhubungan dengan efektifitas elemen visual yang ada di dalam poster. Sebuah poster sebaiknya tidak berisi terlalu banyak content semacam gambar ataupun teks, mengingat peluang audience untuk melihat atau membaca poster tersebut hanya dalam waktu yang sangat singkat. Banyak penelitian menyimpulkan bahwa waktu yang disediakan oleh audience untuk membaca sebuah poster dan mengingat informasi-informasi yang ada di dalamnya maksimal 1 menit. Sehingga perancang poster juga harus memperhatikan bahwa poster harus dapat terlihat ketika audience berada dalam jarak pandang tertentu dan kandungan yang ada di dalam poster dapat dipahami dan diingat oleh audience dalam waktu kurang dari 1 menit.

3. Reminding Ability

Poster juga harus memiliki kemampuan untuk mudah diingat. Semua hal yang dimuat di dalam poster bertujuan agar mendapatkan respon dari audience sehingga poster juga harus dapat diingat oleh audience untuk dijadikan pertimbangan mengambil keputusan dari para audience-nya.

4. Informative Content

Poster juga harus memiliki kandungan informasi yang mudah dipahami dan mudah diingat sehingga isi dari sebuah poster haruslah bersifat informatif. Informasi ini berkaitan dengan pesan yang ingin disampaikan pada audience, segala makna dari pesan yang disampaikan dan cara-cara audience untuk dapat berinteraksi dengan pemilik poster. Hal ini dilakukan untuk memastikan tingkat feedback dari audience juga dapat diraih sehingga poster bisa dianggap berhasil dalam mengkomunikasikan pesan.

sumber :http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/04/127838/

(shisco)2009.cakming.com/modul/amazing%20poster.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar